Home » » Mengosongkan Trash/Tempat Sampah secara paksa di Ubuntu

Mengosongkan Trash/Tempat Sampah secara paksa di Ubuntu

apa itu trash, cannot empty trash, cannot empty trash in ubuntu linux, how to empy trash, item, linux recycle bin, memaksa, membuang sampah, menghapus file, menghapus file di trash, mengosongkan recycle bin, mengosongkan trash, mengosongkan trash secara paksa, paksa, recycle bin, recycle bin di linux, sampah, trash, trash bermasalah, trash tidak bisa kosong meski file sudah dihapus, trash tidak kosong, ubuntu linux

Ubuntu Linux memiliki sebuah kotak sampah, namanya Trash, yang mirip dengan kotak sampah di Windows, Recycle Bin. Semua file yang dihapus akan dibuang ke dalam kotak sampah tersebut. File-file tersebut sebenarnya masih ada, kecuali bila sudah dikosongkan atau benar-benar dibuang dari kotak sampah tersebut.

Untuk mengosongkan tempat sampah alias Trash di Ubuntu hampir sama seperti di Windows. Caranya: klik kanan kotak sampah/Trash di pojok kanan bawah, kemudian pilih menu Empty Trash. Normalnya, semua item (file dan folder) di dalam Trash tersebut akan lenyap alias musnah, yang ditandai dengan ikon Trash yang kosong. Saya sebut normal, sebab dalam kondisi abnormal :) terkadang ikon Trash masih penuh (tidak kosong), yang menandakan bahwa file-file di dalamnya belum sepenuhnya terhapus.

Saya sering sekali mengalami hal ini, namun kurang tahu pasti apa penyebabnya. Jika Anda juga pernah dan sedang mengalami hal serupa, tip berikut ini mudah-mudahan berguna.

1. Buka terminal (klik menu Applications > Accessories > Terminal, atau tekan tombol Alt+F2).
2. Ketik sudo rm -dr /home/nama_user/.local/share/Trash/files/, kemudian tekan tombol ENTER. CATATAN: kata nama_user diganti dengan nama user Anda di Ubuntu. Jika username Anda adalah server, maka ketik sudo rm -dr /home/server/.local/share/Trash/files/.
3. Ketik password Anda.
4. Yeee berjayeeee…. kata Upin dan Ipin :)

Sumber : http://deliscurug.blogspot.com
Share this article :