Home » » Bekerja dengan ukuran sebenarnya di Inkscape

Bekerja dengan ukuran sebenarnya di Inkscape

Membuat desain menggunakan Inkscape bagi diriku sangat mudah dan menyenangkan, kenapa… Perangkat lunaknya gratis..dan bagi saya powerfull banget.

Salah satu yang menyenangkan adalah kita bisa bekerja dengan ukuran yang sebenar hasil yang kita inginkan. Misalnya kita pengen buat spanduk ukuran 1,2 meter x 3 meter, nah Inkscape bisa kita set agar hasilnya bisa betul-betul presisi 1,2 x 3 meter, jadi kita membuat desain dengan ukuran sebenarnya, keren khan….

Caranya ???

Buka Inkscapenya :

perhatikan deretan menu Inkscape

Menu Bar di Inkscape

Menu Bar di Inkscape

nah di menu ini lah kita akan mengubah, ke ukuran sebenar sesuai dengan hasil yang diinginkan.

Untuk mengubah metrik ukuran :

mengubah satuan ukur

mengubah satuan ukur

Kita dapat mengubah jenis ukuran yang ingin kita Pakai, agar sesuai dengan keperluan kita sendiri, misal saya pingin hasil berukuran 3×5 meter, maka untuk mempermudah saya, maka jenis ukuran saya ubah ke meter (m) sehingga saya bisa mendapatkan hasil sesungguhnya. Asyik khan….

Trus.. dimana meletakkan ukuran 3×5 nya??

Ubah ukuran tinggi dan lebar

Ubah ukuran tinggi dan lebar

Untuk mengubah ukuran tinggi dan lebar cukup masukan nilai tinggi di kotak H dan lebar di kotak W, jadi deh nilai 3×5 meter kita dapatkan.


Share this article :